KURSUS SINGKAT LEGAL DRAFTING BAGI APARATUR DESA SE-KABUPATEN TANAH LAUT

Tanggal 23 Februari, 24 Februari, 2 Maret dan 3 Maret 2016 yang lalu Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Subbagian Dokumentasi dan Informasi Hukum mengadakan kursus singkat legal drafting bagi 130 aparatur desa se-Kabupaten Tanah Laut yang diadakan 4 (empat) angkatan bertempat di Aula Barakat Lantai II Kantor Bupati Tanah Laut.

Legal drafting ini diadakan dengan maksud untuk memberikan masukan sekaligus pembelajaran kepada aparatur desa “bagaimana menyusun produk hukum desa yaitu peraturan desa, peraturan kepala desa dan keputusan kepala desa legal drafting desa” paling tidak bisa membedakan fungsi ketiganya, dan pentingnya membangun (mengkonstruksikan) kebijakan pembangunan desa baik yang menyangkut administrasi pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan desa kedalam konstruksi produk hukum desa yang benar dan tepat.

Sasaran kegiatan ini adalah aparatur desa yaitu sekretaris desa atau kepala urusan di desa dari 130 desa di Kabupaten Tanah Laut, mengingat motor penggerak administrasi di pemerintah desa pada umumnya dilaksanakan oleh Sekretaris Desa dan atau kaur.

Kursus singkat ini memuat materi mengenai Misi Visi Kabupaten Sebagai Dasar Muatan Program/Kegiatan Di Desa, Produk Hukum Desa Sebagai Dasar Hukum Pelaksanaan Kegiatan Di Desa Dan Jenis-Jenis Produk Hukum Desa, Penyusunan Produk Hukum Desa (Perdes, Perkades, Keputusan Kades)dan Praktek Penyusunan Produk Hukum Desa. Dimana narasumber untuk Misi Visi Kabupaten Sebagai Dasar Muatan Program/Kegiatan Di Desa disampaikan langsung oleh Bapak Drs.H.Sukamta,MAP Wakil Bupati Tanah Laut, kemudian untuk 2 materi yaitu Produk Hukum Desa Sebagai Dasar Hukum Pelaksanaan Kegiatan Di Desa Dan Jenis-Jenis Produk Hukum Desa serta Penyusunan Produk Hukum Desa (Perdes, Perkades, Kades)disampaikan oleh Bapak Muhammad Ikhsan Fadhil Kasubbag Evaluasi Raperda Kabupaten/Kota Wilayah I Biro Hukum Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk Praktek Penyusunan Produk Hukum Desa dipandu langsung oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan kursus singkat legal drafting yang baru pertama kali diadakan untuk aparatur desa ini sangat diapresiasi oleh peserta, mengingat tantangan desa kedepan pasca diterbitkannya UU Nomor 6/2014 tentang Desa dan program 1 desa 1 Milyar menjadi semakin besar terhadap pengelolaan keuangan desa khususnya. Apresiasinya jelas terlihat pada sesi dialog interaktif pada narasumber dan sesi praktek penyusunan produk hukum desa, sehingga pelaksanaan kursus melebihi dari jadwal pelaksanaan.

Selain mengundang aparatur desa sebagai peserta, Bagian Hukum mengundang pula koordinator dan fasilitator P2KP dan program sejenis, dengan harapan mereka pun memiliki bekal pengetahuan mengenai tata cara penyusunan produk hukum desa. Sehingga benar-benar memiliki pengetahuan lebih ketika melakukan pendampingan terhadap desa.

Kegiatan yang berlangsung empat angkatan ini ditutup dihari terakhir pelaksanaan yaitu Kamis, 3 Maret 2016 oleh Kepala Bagian Hukum. Semoga apa yang telah disampaikan dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan membantu aparatur desa dalam pelaksanaan pemerintahan di desa. (alfi)

JSN Epic template designed by JoomlaShine.com